Aug 24, 2017

Beragam Manfaat Luar Biasa Cuka Apel



Cuka apel memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita, karena cuka apel apel mampu berperan sebagai antiseptik, anti-inflamasi, pendetoks tubuh, dan lain-lain. Bagiku cuka apel sudah seperti super food, eh tapi karena bentuknya cair mungkin lebih tepatnya super drink kali ya.
Cuka apel sendiri banyak mengandung mineral seperti kalium, natrium, klorida, fosfor, kalsium, dan magnesium, serta mengandung bioflavonoid, pektin, dan vitamina A,B1, B2, B6, C, dan E. Minum cuka apel dua kali sehari dapat membuat tubuh lebih bugar dan sehat. Berikut manfaat dari cuka apel:

Menurunkan Kadar Gula Darah
Cuka apel memilika sifat hampir sama dengan metformin (yaitu obat untuk diabetes tipe-2). Ketika masuk ke dalam tubuh, cuka apel mampu menurunkan kadar gula darah dan membantu tubuh untuk mengenali insulin dan bekerja lebih baik. Oleh karena itu sangat baik mengkonsumsi 2 sendok makan cuka apel dicampur dengan 1 gelas air setelah makan pagi dan malam.
Menurunkan Berat Badan
Mengkonsumsi cuka apel akan membantu tubuh dalam membakar lemak dan melancarkan pencernaan, selain itu cuka apel mampu untuk mendetoksifikasi tubuh. Oleh kerena itu menambahkan cuka apel dalam menu diet, sangat baik dalam menurunkan berat badan.
Bau Mulut dan Memutihkan Gigi
Asam pada cuka apel sangat baik untuk membunuh bakteri dan membersihkan noda dan karang gigi, sehingga gigi akan tampak lebih putih dan mulut bebas dari bau. Tapi perlu diingat bahwa setelah berkumur dengan larutan cuka apel, segeralah berkumur dengan air putih supaya gigi tidak mudah keropos akibat zat asam tersebut.
Mengobati Keputihan karena Infeksi Jamur
Cuka apel bersifat anti-inflamasi dan mampu berperan sebagai antiseptik, sehingga sangat baik digunakan untuk mengobati infeksi jamur seperti candida yang dapat menyebabkan keputihan. Untuk mengobati keputihan dapat dilakukan dengan mencampurkan dua sendok cuka apel ke dalam 500ml air bersih dan digunakan untuk membasuh vagina. Lakukan hal tersebut 2 kali sehari sampai keputihan sembuh.
Melancarkan Pencernaan
Cuka apel dapat mendetoksifikasi saluran pencernaan dan membersihkan usus serta menekan agar pertumbuhan bakteri jahat. Konsumsilah cuka apel setelah makan, dua kali sehari. Cuka apel dapat dicampurkan dengan air dingin atau hangat.
Menurunkan Kadar Kolesterol
Cuka apel mampu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Hal ini didasarkan pada sebuah penelitian dengan hasil bahwa konsumsi cuka apel secara teratu mampu menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dalam darah sehingga mampu menurunkan resiko penyakit jantung.
Mengobati Jerawat
Karena bersifat anti inflamasi, cuka apel juga mampu mengobati peradangan kulit karena jerawat. Caranya, basahi kapas dengan cuka apel lalu oleskan pada jerawat. Ingat sebelum menggunakan cuka apel, pastikan wajah sudah dibersihkan.
Demikian beberapa manfaat cuka apel. Jangan khawatir dengan cuka apel yang asam, karena ketika masuk ke dalam tubuh dia akan bersifat alkali. Sama halnya dengan jeruk nipis atau lemon, sehingga cuka apel aman bagi penderita maag apabila dikonsumsi setelah makan.

0 komentar:

Post a Comment