Sep 18, 2014

Apa itu Inferiority Complex?

Inferiority complex adalah masalah mental yang berkaitan dengan psikologis seseorang. Inferiority complex merupakan permasalahan yang berkaitan dengan diri sendiri, yaitu perasaan lebih rendah dibanding dengan orang lain. Bisa dikarenakan pikiran negatif karena merasa tidak cukup cantik, kaya, pandai, dan lain sebagainya. Perasaan-perasaan ini akan mengontrol perilaku kita sehingga akan merugikan dalam berbagai hal.



Inferiority complex akan menimbulkan keadaan mental yang kurang sehat, seperti perilaku negatif, dendam, mudah marah, terasing bahkan depresi. Inferiority complex dipengaruhi oleh alam bawah sadar dan akan berkembang cepat dengan kondisi lingkungan yang menunjukkan penolakan seperti penolakan teman-teman di lingkungan sekolah, dll.

Kurang percaya diri akibat inferiority complex berbeda dengan rasa minder. Rasa minder dipengaruhi oleh mood yang akan muncul pada diri seseorang dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama tergantung dari mood saat itu, namun inferiority complex muncul akibat pertentangan secara emosional dalam diri dan dipengaruhi oleh alam bawah sadar dan berlandsung dalam jangka waktu yang lama. Inferiority complex cenderung akan membawa penderitanya menuju kemunduran, karena ada perasaan rendah diri yang akan membatasi dirinya untuk berkembang dan melakukan sesuatu. Seperti halnya malu berpidato karena takut akan diolok-olok oleh orang lain.

Oleh karena itu inferiority complex harus disembuhkan dengan penanganan khusus, misalnya terapi.

0 komentar:

Post a Comment