Sep 4, 2010

Resume 2 Perkembangan Teknologi Informasi

Sejarah Teknologi Informasi
Dimulai dari:
•Natural/Manual : masih memakai tenaga manusia
Contohnya jaman purba yang masih menggunakan gambar di goa, cina yang mrnggunakan sempoa.
•Mekanis : menggunakan mesin namun ,asih menggunakan tenaga manusia
Contohnya pascaline, Difference & Analytical (pelopor computer), dan kartu perforasi yang dapat mempercepat perhitungan sensus di Amerika yaitu 10 bulan padahal sebelumnya bisa mencapai 10 tahun..
•Elektronis : menggunakan peralatan elektronik

Contohnya adanya perkembangan computer:
-Komputer generasi I : masih menggunakan tabung hampa, ukurannya sangat besar, lambat, cepat panas, dan boros listrik. Contohnya: ENIAC
-Komputer generasi II : menggunakan transistor, menggunakan bahasa assembly, memori lebih banyak, dan muncul pemrograman-pemrograman tingkat tinggi. Contohnya : UNIVAC
-Komputer generasi III : menggunakan IC yaitu kombinasi tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silicon. IC diintegrasikan dalam chip tunggal dan menggunakan pasir kuarsa untuk lintasannya. Pada generasi ini muncul mokroprosesor pertama oleh intel yaitu intel 4004 prosesor.
-Komputer generasi IV : mengecilkan sirkuit dan komponen yaitu LSI (Large Scale Integration.
Klasifikasi Komputer
•Supercomputer : kapasitasnya besar, memiliki proses yang cepat, dan biasanya digunakan untuk perkiraan cuaca, simulasi rudal, dan simulasi nuklir. Supercomputer tidak diproduksi bebas.
•Mainframe : memiliki ukuran bervariasi tergantung penggunaannya.
•Workstation : digunakan untuk keperluan santifik, seperti matematika, perhitungan mesin, membantu desain dan produksi computer.
•Microcomputer : computer yang digunakan di rumah, seperti personal computer,PDA, dan laptop
•Microcomputer : dipasangkan pada computer.

Diskusi
Perbedaan processor, microprocessor, dan microcontroller?
Jawab:
Processor biasa dikena dengan CPU(Central Processing Unit), sebuah sirkuit elektronik yang dapat mengeksekusi program computer.
Microprocessor: chip yang digunakan pada computer. Mikroprosesor berkembang dan terbagi menjadi prosesor dan mikrokontroler.
Microcontroller: biasanya digunakan pada robot, mesin cuci, kulkas, AC, dll. Pada microcontroller sudah terdapat memori dan I/O dan digunakan pada produk otomatis seperti robot, mesin cuci, kulkas, dll. Namun prosesnya lebih lambat dari pada mikroprosesor.
This entry was posted in

0 komentar:

Post a Comment