Sep 18, 2017

PCOS Fighter: Diet Rendah Karbo

Assalamualaikum..
Kali ini aku akan menceritakan tentang diet yang aku jalani setelah divonis PCOS oleh dokter. Diet yang aku jalani ini bukan bertujuan untuk mengurangi berat badan, karena berat badanku masih dalam batas normal. Namun diet ini bertujuan untuk mengurangi gejala yang timbul akibat PCOS, seperti haid tidak teratur, sel telur kecil, jerawat, dan lain sebagainya.



Untuk PCOS diet yang dijalani adalah diet rendah karbo dan gula. Jadi sebisa mungkin mengurangi karbo dan menghilangkan gula tambahan pada makanan dan minuman. Mengapa harus demikian? Karena, asupan gula dan karbo yang berlebih akan memicu produksi insulin yang berlebihan pula(terkait dengan resistensi insulin) sehingga akan mengacaukan produksi hormon yang lainnya termasuk hormon reproduksi. Jika hormon reproduksi kacau maka beberapa masalah terkait dengan sistem reproduksi bisa muncul, seperti haid tidak teratur, sel telur kecil, infertilitas/susah hamil, dan lain sebagainya.

Jadi, langkah awal diet aku adalah dengan mengurangi nasi dan stop gula tambahan dalam bentuk apapun. Juga tidak boleh mengkonsumsi tepung putih dan produk olahannya seperti roti putih, pasta, dan mie. Disini aku juga tidak mengkonsumsi kedelai dan produk kedelai, kecuali kecap (karena aku tak bisa lepas dari kecap) karena kedelai mengandung fitoestrogen yang sangat mirip dengan estrogen sehingga akan mengacaukan hormon kita.

Ketika awal-awal diet, rasanya sangat berat karena aku suka nasi, tapi demi promil akhirnya aku paksa mengurangi nasi. Sebisa mungkin tidak makan roti dan gila. Namun yang namanya kurang niat jadi dietnya masih sering kecolongan.

Akhirnya aku kuatkan niat dan memulai diet dengan sungguh-sungguh. Alhamdulillah sekarang sudah mulai bisa sehati dua hari tidak makan nasi sama sekali. Jadi dalam seminggu hanya 2 - 3 hari saja makan nasi itupun porsinya tidak sebanyak biasanya.

Sejak dietnya sudah mulai jalan ditambah dengan olahraga (semampunya) sekarang haid mulai teratur san berat badan sudah mula turun 3 kg (nasih normal untuk bb yang sekarang).  Dan aku mulai semangat untuk lanjut diet.

Tapi, diet itu hanya berjalan sebulan, karena sekarang sedang berkunjung dan menginap di rumah saudara (akibat ditinggal diklat yang lama oleh suami), dietnya jadi gagal karena dikasih makan terus pakai nasi semua pula..
Semoga, besok sudah bisa lanjut diet lagi biar PCOS bisa diredam.
No carb, no sugar. 

2 comments: