Sep 4, 2017

Cara Kerja Test Pack (Alat Tes Kehamilan)



Setiap wanita yang sudah menikah tentu tidak asing dengan test pack. Apalagi jika wanita tersebut memang tengah menantikan kehamilan.
Tanda-tanda kehamilan pada setiap wanita seringkali berbeda-beda. Sedangkan untuk mengetahui seorang wanita tengah hamil atau tidak, maka cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan test pack.
Namun, tahukah Anda bagaimana cara test pack bekerja?



Test pack digunakan untuk mengetahui apakah seorang wanita tengah hamil atau tidak. Tes ini dapat dilakukan dengan mencelupkan test pack ke sampel urin. Jika wanita tersebut hamil, maka akan muncul 2 garis merah, dan jika tidak hamil maka yang muncul adalah 1 garis saja.
Test pack bekerja dengan mendeteksi hormon hCG (human chorionic gonadotropin) yaitu hormon kehamilan yang terbentuk ketika embrio menempel pada dinding rahim. Hormon ini akan semakin meningkat jumlahnya hingga kehamilan 60 sampai 90 hari. Namun ketika memasuki trimester kedua, hormon ini akan berkurang. Oleh karena itu wanita yang tengah hamil tua jika di tes dengan test pack belum tentu akan menunjukkan hasil positif, namun hal ini adalah wajar.
Garis pada test pack terdiri dari 2 garis yaitu T dan C dimana garis T adalah garis yang dapat mengikat hCG dan C adalah garis kontrol. Ketika seorang wanita tengah hamil dan dilakukan pengujian dengan test pack maka garis T akan mengikat hormon hCG dan muncul warna merah sehingga akan tampak 2 garis merah, namun jika wanita tidak hamil maka tidak ada hCG yang diikat oleh garis T sehingga yang muncul adalah 1 garis saja.

(sumber gambar: hamilplus.com)


Kadar hCG yang dapat dideteksi oleh test pack berbeda-beda tergantung tingkat sensitivitas test pack. Umumnya test pack dapat mendeteksi kadar hCG sebanyak 25 mIU/ml namun ada juga yang dapat mendeteksi dengan kadar hCG 10-5 mIU/ml. Semakin sensitif test pack maka semakin bagus.
Uji tes kehamilan paling baik dilakukan pada pagi hari karena pada saat itu kadar hCG lebih banyak jika dibandingkan pada siang atau malam. Jika test terpaksa dilakukan disiang hari maka pastikan jarak minum dengan tes adalah 4 jam untuk memperoleh hasil yang lebih akurat.

0 komentar:

Post a Comment