Sep 6, 2017

Cara Mudah Mengatur Keuangan Rumah Tangga


(sumber gambar: finansialku.com)

Besar kecilnya gaji yang diperoleh bukanlah masalah utama dalam pengelolaan keuangan rumah tangga. Karena jika keuangan dapat dikelola dengan baik dan tepat guna, maka keuangan rumah tangga akan tertata rapi dan sesuai dengan yang diinginkan.




Perencanaan keuangan yang baik, mampu memberikan peluang lebih untuk menikmati gaji sesuai dengan keinginan, misalnya memiliki tabungan yang dapat digunakan untuk berlibur setiap tahunnya atau dapat digunakan untuk membeli barang-barang yang diinginkan. Oleh karena itu memulai untuk merencanakan keuangan dengan baik adalah langkah yang tepat dalam menggunakan uang secara bijak sehingga penggunaan uang tidak salah sasaran. 


Kemampuan mengatur keuangan harus dimiliki oleh setiap ibu rumah tangga guna menghindari pengeluaran yang berlebih dan penggunaan dana yang tidak efisien. Jika keuangan tidak dikelola dengan baik, maka bisa dipastikan akan terjadi kekacauan finansial bahkan bisa berakibat pengeluaran lebih besar daripada pemasukan. Jangan sampai karena pengelolaan keuangan yang kurang baik mengakibatkan banyaknya hutang dan tagihan disana-sini.

Perencanan keuangan ketika telah berumah tangga berbeda sekali ketika masih bujang, karena biaya yang harus dikeluarkan jelas lebih banyak. Belum lagi jika memiliki tanggungan yang banyak, seperti anak, suami atau istri, orang tua, atau saudara. Sehingga kita harus lebih cermat dalam mengelola sumber dana yang ada. Berikut ada beberapa cara yang telah saya terapkan dalam mengatur keuangan rumah tangga dan sampai sejauh ini cara tersebut efektif untuk dilakukan.

Membuat Rencana Anggaran Bulanan
Catatlah anggaran pengeluaran bulanan kamu, mulai dari pengeluaran hingga tabungan bahkan rencana penggunaan uang lainnya. Buatlah daftar catatan dan prioritaskan pada tagihan wajib bulanan kamu. Ingat segala macam tagihan dan cicilan tulislah pada urutan teratas.

Alokasikan Uang pada Tagihan dan Cicilan Terlebih dahulu
Menuaikan kewajiban itu penting supaya kamu terbebas dari tanggungan. Jika kamu memiliki cicilan dan tagihan tetap bulanan, maka pastikan dana diperuntukan untuk membayarnya terlebih dahulu. Hal ini penting karena jika kita menunda untuk membayarnya maka akan beresiko dana tersebut terpakai untuk kepentingan lainnya.

Buat Estimasi Dana untuk Kebutuhan Belanja Rumah Tangga Setiap Bulannya
Kebutuhan belanja ini mencakup kebutuhan makanan setiap bulan, keperluan sehari-hari seperti sabun, gas, sembako, dll. Disini kamu bisa melatih untuk lebih berhemat sehingga dana yang dialokasikan tidak terlalu besar. Melakukan penghematan adalah hal yang penting jika gaji kamu tidak terlalu besar atau jika tagihan dan cicilan kamu terlalu banyak.
Ketika menetapkan estimasi dana belanja setiap bulan, maka kamu harus patuh terhadap jumlah dana tersebut. Jangan sampai dana yang disediakan sudah habis sebelum akhir bulan. Sehingga kamu harus bisa menahan diri untuk tidak boros dan jeli dalam menggunakan uang.

Alokasikan Dana Untuk Keperluan Pribadi Secukupnya
Perlu diingat, dana pribadi ini diperuntukkan untuk suami dan istri dengan catatan pengeluaran untuk keperluan pribadi harus diambil dari jatah masing-masing. Cara ini bertujuan agar tidak menggunakan alokasi dana yang lainnya ketika suami/istri ingin membeli keperluan pribadi, misalnya barang-barang yang berhubungan dengan hobi. Namun untuk dana pribadi harus diterapkan sebuah aturan ketat sehingga kamu dan pasangan mampu untuk berhemat dan cermat. Aturan utamanya adalah jika dana telah habis maka tidak ada penambahan dana lain.
Selain perlu diingat pula bahwa besarnya alokasi dana harus sesuai dengan kesepakatan bersama dan jangan terlalu besar jumlahnya, paling tidak seperempat dari alokasi dana belanja bulanan untuk setiap oranga atau menyesuaikan dengan gaji bulanan.

Harus Menyisihkan untuk Tabungan
Tabungan ini sangatlah penting. Sangat konyol jika pemasukan setiap bulannya tidak disisihkan untuk tabungan. Besarnya tabungan sangat fleksibel namun nominal yang ditetapkan jangan teralu rendah. Alokasi untuk tabungan dapat ditetapkan diakhir dari perencanaan keuangan. Namun perlu diketahui bahwa jumlah tabungan setiap bulannya harus konsisten dan tidak boleh dilewatkan.
Kamu dapat membagi tabungan setiap bulannya menjadi beberapa alokasi tabungan. Misalnya tabungan jangka panjang, tabungan rekreasi, tabungan masa tua, tabungan untuk keperluan mendadak atau tabungan apa saja sesuai dengan kebutuhan kamu.

Demikian adalah cara untuk mengatur keuangan rumah tangga. Cara yang dipaparkan diatas bukanlah aturan baku namun semoga dapat memberikan manfaat bagi kalian yang menerapkan.

0 komentar:

Post a Comment