Sep 7, 2017

Makanan yang Dapat Meningkatkan Kinerja Otak


(sumber gambar: infokesehatanwanita.org)
Otak adalah organ yang memegang peranan penting pada tubuh manusia. Otak mengendalikan seluruh kinerja sistem pada tubuh dan bekerja selama 24 jam bahkan ketika kita sedang tidur. Oleh karena itu penting bagi kita untuk menjaga kesehatan otak. 



Otak juga memegang peranan dalam menentukan kesuksesan seseorang. Kinerja otak yang optimal mampu membuat kita lebih fokus dan berkonstrasi saat belajar maupun bekerja. Kemampuan otak yang bagus membuat kita lebih mudah untuk mengingat dan menyerap banyak ilmu. Tak ayal banyak yang mengaitkan antara kecerdasan otak dengan kesuksesan sesorang, meskipun ini tidak mutlak.


Kecerdasan setiap individu berbeda-beda, karena struktur otak setiap manusia juga berbeda. Selain itu otak manusia juga berkembang dengan berbeda tergantung bagaimana kebiasaan dari individu tersebut. Sehingga sering kali kita temukan orang-orang yang memiliki kecerdasan dominan yang berbeda. Seperti halnya ada orang yang cerdas dalam musik dan ada juga yang cerdas dalam hal linguistik. Tentunya kecerdasan ini dapat diasah dengan banyak berlatih. Namun tahukah kamu kecerdasan juga dapat ditingkatkan dengan asupan makanan yang tepat. Mari kita simak beberapa makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak.  



  • Sayuran Hijau
Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, sawi, dan kale sangat kaya akan vitamin K yang dapat menguatkan otak dan mencegah penurunan kognitif. Biasakan untuk mengkonsumsi sayuran hijau paling tidak dua porsi setiap harinya untuk membantu memperkuat otak dan meningkatkan kemampuan kognitif.
  • Lemak Ikan
Lemak ikan yang banyak mengandung omega-3 dan vitamin D sangat bagus untuk mempertajam daya ingat dan kemampuan otak. Berdasarkan penelitian, dengan rajin mengkonsumsi lemak ikan dapat menurunkan resiko penyakit Alzheimer hingga 40 %.
Lemak omega-3 kaya akan kandungan EPA dan DHA sangat penting untuk membantu otak dalam melakukan fungsi normlnya dan memperkuat kemampuan kognitif. Selain itu kandungan vitamin D dalam lemak ikan juga membantu untuk melindungi otak dari berbagai penyakit.
  • Extra Virgin Olive Oil
Sudah sejak lama minyak zaitun digunakan untuk menjaga kesehatan. Minyak zaitun kaya akan kandungan polyphenol, yaitu antioksidan yang mampu memperlambat penuaan, mempertajam ingatan, kebugaran tubuh, dan vitalitas.
Berdasarkan penelitian minyak zaitun mampu mengurangi resiko Alzheimer dan mampu membantu penderita Alzheimer untuk meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar.
  • Blueberry
(sumber gambar: kesehatanholistik.com)
Blueberry memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, yaitu anthocyanin yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan otak. Anthocyanin juga mampu memperkuat dan melindungi sel otak terhadap oksidasi.
Penelitian menyatakan bahwa konsumsi blueberry dan strawberry secara rutin setiap harinya mampu mempertajam kemampuan otak dan secara mental lebih sehat dibandingkan yang tidak.


Nah, itulah beberapa makanan yang baik untuk otak.Oleh karena itu jangan lupa untuk selalu memperhatikan nutrisi harian untuk tubuh kita.
 

0 komentar:

Post a Comment