Sep 25, 2017

Kebun Balkon: Berkebun di Lahan Sempit Menanam Okra


Assalamualaikum,, Hallo semua, apa kabar? 
Ada tidak yang suka berkebun? Berkebun adalah salah satu "stress relief" saya. Entah mengapa rasanya nyaman banget dan happy ketika menanam tanaman dan tanamannya tumbuh dengan subur. Meskipun yang ditanam adalah tanaman sayuran yang banyak dijumpai di pasar. Namanya juga hobi meskipun nanam tauge, saya juga sudah seneng. :) 


Kali ini saya mau memperkenalkan tanaman okra. Tanaman ini menurut saya gampang sekali tumbuhnya. Dan tanamannya juga tahan cuaca dan tahan penyakit. Bisa panen beberapa kali juga. Jadi gak rugi kalai menanam okra. Nyenengin banget. 

Yang di foto adalah tanaman okra saya. Sudah berbunga meskipu  belum terlalu tinggi. Itu tanamnya gak pakai pupuk kimia, hanya disiram air cucian beras. 

Benihnya pakai yang merk Known You Seed. Merk yang sip karena benihnya mudah disemai dan hasilnya bagus. 

Ada tiga merk benih yang pernah saya coba dan recommended banget buat para pemula yang ingin berkebu. Merknya adalah Known You Seed, Panah Merah, dan Agrobas. Tiga merk itu saya sudah coba dan hasilnya bagus. Ini bukan iklan ya, tapi berdasarkan pengalaman. 

Tanaman okra yang saya tanam ada dua jenis yaitu okra hijau dan okra merah. Dua-duanya memiliki daya tahan dan daya tumbuh yang sama. Namun saya belum tahu peebedaan dari dua jenis okra tersebut. Yang jelas okra adalah sayuran yang sehat. 

Di Sorong, tempat tinggal saya, masih jarang orang yang tanam dan jual okra, bahkan mungkin belum ada. Jadinya kalau ingin maka, ya harus tanam sendiri. 

Bagi yang menderita diabetes, okra bisa digunakan untuk membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Selain itu juga okra dapat melancarkan pencernaan. 

Kalau mau panen okra harus yang bener-bener muda, yang masih bisa dipotek menggunakan tangan, karena kalau terlalu keras itu berarti sudah tua dan tidak enakkalau dimakan. 

Memasak okra pun juga gampang. Bisa direbus atau ditumis. Rasanya enak ada manis-manisnya. Tapi kalau saya lebih sering direbus saja dan diberi sambal pecel sudah enak banget. 

Oia, saya tidak punya lahan yang luas lho. Semua tanaman, saya tanam di pot dan ditaruh di balkon rumah seluasn 1x3 meter. Dan Alhamdulillah mereka tumbuh dengan baik. Karena sudah hobi jadi meski lahannya sempit tetap dimanfaatkan. Yang penting masih bisa dipakai untuk tanam-tanam. 

Bagi yang ingin memulai berkebun di pekarangan rumah, saya rekomendasikan untuj menanam okra. Karena selain mudah ditanam, manfaatnya juga banyak bagi kesehatan. 

0 komentar:

Post a Comment