Apr 26, 2014

Hidup Wanita Berubah Setelah Menikah

Wanita adalah makhluk Allah SWT yang memiliki banyak kelebihan. Disamping hatinya yang lembut, wanita diciptakan untuk mendampingi pria (suaminya) dalam melaksanakan perintah Allah SWT dalam sebuah ikatan pernikahan yang sah.


Berbicara mengenai pernikahan, sudah menjadi hal yang wajar jika setiap wanita mendambakan sebuah pernikahan yang sempurna bersama orang yang dicintai. Tetapi, siapkah wanita tersebut kelak menjadi seorang istri.

Menikah bukan hanya berarti menggelar pesta dalam sehari atau mendapat kebahagian dalam sehari. Namun lebih kepada komitmen yang harus dijalan selama sisa hidup apabila masih terikat dalam pernikahan tersebut.

Banyak wanita yang telah menikah namun belum menjalankan atau mengerti perannya dalam keluarga secara islami. (ini karena saya orang islam), sehingga banyak ketimpangan yang terjadi dan kurang kokohnya pondasi rumah tangga tersebut.

Ingatlah para wanita!! Menikah bukanlah perakara mudah jika kita (wanita) belum tahu tentang ilmunya. Karena, kehidupan kita setelah menikah akan jauh berbeda dari kehidupan kita ketika masih lajang.
Berikut adalah hal yang harus kita sadari setelah menikah.....

1. Kita tidak lagi tidur sendiri.
Ups,,,, iya memang benar. Sebelumnya mungkin kita terbiasa tidur sendiri, namun setelah menikah, kita akan ditemani oleh suami. Mungkin pada awalnya akan terasa canggung, dan mungkin kita akan tahu beberapa kebiasanya tidur suami. (kadang kebiasaan tersebut bisa juga mengganggu -mendengkur, dll) Namun ini adalah hal yang luar biasa karena perkara sederhana itu bisa menjadi ladang pahala. :)
2. Pahala kita dalam beribadah menjadi berlipat dan kemudahan dalam mencari pahala.
Sholat berjamaah akan melipatgandakan pahala, Selain itu mencari pahala setelah menikah sangatlah mudah. Berpegangan tangan dengan suami saja sudah mendapat pahala, apalagi membuat suami tersenyum.
3. Kita harus menyadari bahwa suami adalah pemimpin dalam keluarga.
Oleh karena itu kita harus patuh terhadap suami, selama perintahnya itu tidak menyimpang dari ajaran agama. Dan apabila istri durhaka terhadap suami, maka dia berdosa. Ingat... tingkatan atau prioritas suami itu diatas orang tua. Jadi yang pertama harus dipatuhi oleh istri adalah suami, baru kemudian yang kedua adlah orang tua.
4. Tidak boleh durhaka terhadap suami.
5. Harus bisa menjaga kehormatan suami, diri sendiri, dan keluarga
6. Terlihat menarik dihadapan suami
Istri itu ibaratkan penentram hati suami. Jadi ketika suami pulang ke rumah, jangan sampai melihat istrinya dalam keadaan kumal, rambut lusuh, bau bawang, keringat, dan tidak rapi. Dalam islam, wanita itu tidak boleh berdandan jika untuk orang lain yang bukan mahram, tetapi jika untuk suami, maka wanita harus berdandan. Paling tidak harus rapi sehingga sedap dipandang mata.
7. Setelah menikah harus terampil
Terampil dalam hal ini adalah terampil dalam mengurus rumah tangga. Istri paling tidak harus terampil melayani suami, menyiapkan makan, menyiapkan perlengkapan suami, dll. Jadi jangan kaget jika setelah menikah, selain mengurusi diri sendiri, wanita juga harus mengurusi suami.
8. Menerima nafkah yang diberi suami dengan ikhlas.
9. Tidak terlalu banyak menuntut suami.
10. Mengingatkan suami jika suami melakukan kesalahan.
11. Menutupi aib suami.
Allah melaknat wanita-wanita yang mengumbar aib suami mereka, apalagi menceritakan masalah "di ranjang" mereka.

Demikian sebagian pengetahuan setelah wanita menikah. Yang penting selain persiapan finansial, fisik, dan psikis sebelum menikah, perlu juga dipersiapkan ilmu yang cukup untuk menghadapi kehidupan setelah menikah. Semoga wanita-wanita Allah SWT di muka bumi ini diberi keberkahan dalam pernikahan yang sakinah mawaddah wa rohmah. :)

0 komentar:

Post a Comment