Apr 28, 2014

Pusing Berlebihan Akibat Hipertensi

Hmmm.....
Setiap orang memiliki kecenderungan untuk memiliki tensi tinggi atau rendah. Sayangnya, saya memiliki kecenderungan hipertensi...:(
Tensi normal saya biasanya 110/90. Jika tensi sedang normal rasanya happy, karena badan seperti tidak ada masalah dan berasa nyaman. Tetapi jika tensi sedang naik, maka yang saya rasakan adalah seperti sekarang ini. :( Pusing, pusing, pusing, dan puussiiiiiiiiing.


Setiap orang memiliki angka relatif tekanan darah yang membuat mereka nyaman. Ada yang merasa baik-baik saja dengan tensi 90/80, 110/90, 120/90, dll. Jika terjadi perubahan pada tekanan darah, maka akan timbul "efek" seperti pusing, pening, kepala terasa ringan, mata berkunang-kunang, bahkan sampai ma pingsan. :o

Saat ini tekanan darah saya 140/90. Terbilang tinggi untuk ukuran saya. Secara berkala, saya merasa pusing dan hampir setiap hari. Badan terasa tidak nyaman dan tentunya sangat mengganggu sekali.

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan tensi darah meningkat, beberapa diantaranya adalah faktor makanan dan emosi. Jadi untuk menjaga tensi supaya tidak naik maka ada beberapa makanan yang harus dihindari, yaitu:
1. Lemak
2. Jerohan (hati, limpa, otak)
3. Daging kambing
4. Daun pepaya
5. Daun kemangi
6. Durian
Itu beberapa makanan yang harus dihindari, jadi jika ingin tensi normal patuhi pantangannya (padahal saya sering melanggar). Kemudian ada beberapa makanan yang dianjurkan, yaitu:
1. Mentimun
2. Melon dan semangka
3. Labu Siam
4. Belimbing

Selain faktor makanan, emosi juga dapat meninggkatkan tekanan darah. Emosi seperti amarah, khawatir berlebihan, stress, depresi, dan terlalu banyak pikiran dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Jadi supaya tekanan darah tetap stabil, hindari stress dan emosi berlebihan (kecuali emosi bahagai). Coba untuk lebih sabar dan santai. Jangan sering membesarkan masalah sepele. Ok.

Sekarang saya sedang dalam tahap menurunkan tensi dengan menjaga pola makan. :) Semoga yang sekarang ini sedang memiliki tekanan darah yang tinggi segera bisa menjadi normal.

0 komentar:

Post a Comment