Dec 24, 2014

Hobi Baru, Berkebun Sayur Di Rumah

Sekarang saya menemukan hobi baru ditengah kepenatan pekerjaan yang setiap hari membuat saya lelah..:)
Yah,,, sekarang saya sedang senang-senangnya berkebun sayur di rumah. Oia, saya ini termasuk orang yang punya banyak hobi.
Tak lama ini saya mulai senang dengan hal-hal yang berbau organik. Oleh karena itu saya menginginkan adanya pasokan sayur organik yang murah setiap harinya. Karena di kota saya sangat sulit untuk menemukan penjual sayur organik, maka saya memutuskan untuk menanamnya sendiri. Satu hal lagi, di rumah tidak ada pekarang yang luas, hanya teras rumah saja.
Gambar halaman depan yang masih belum ada tanaman sayuran (sumber: foto pribadi)



Gambar tanaman sawi yang sudah hampir panen (sumber: foto pribadi)



Saya menanam sayur di dalam pot yang memang mudah dan praktis. Selain membeli pot di toko pertanian, saya juga memanfaatkan barang bekas untuk media tanam seperti botol bekas, kaleng biskuit, bahkan plastik bekas refill minyak goreng.
Karena telah jatuh hati dengan berkebun, maka saya melakukannya dengan senang hati. Sekarang di rumah ada tanaman sawi, paprika, cabai, dan kangkung. Setelah ini saya akan mulai menanam kacang dan terong. Lumayanlah untuk selingan ditengah kesibukan kerja, apalagi hasilnya bisa langsung dinikmati.
Oia, berikut saya berikan tips untuk pemula yang ingin memulai untuk berkebun di pekarangan rumah.
1. Pilihlah tanaman yang mudah ditanam dan masa panennya cepat, seperti kangkung dan bayam yang rata-rata bisa dipanen sekitar 1 bulan.
2. Jika tidak ada lahan/kebun, pilihlah media pot plastik untuk menanam. Disini saya rekomendasikan pot plastik karena lebih ringan dan murah :)
3. Pada musim kemarau siramlah tanaman 2 kali sehari, pada musim hujan 1 kali sehari sudah cukup.Usahakan jangan terlalu banyak air di pot, karena bisa menyebabkan akar tanaman membusuk.
4. Pilihlah pupuk kandang atau kompos. Jika tidak ada bisa diganti vetsin atau membeli pupuk kimia di toko pertanian. (saya sarankan pupuk gandasil untuk pupuk kimia)
5. Untuk pengendalian hama serangga seperti belalang dan ulat cukup diatasi secara mekanik, yaitu dimatikan saja. Jangan menggunakan pestisida karena jika menggunakan pestisida maka sayuran yang kita tanam bukan sayur organik.
6. Rawat dan tunggu masa panen. Ketika panen kita bisa menikmati sayuran segar di kebun sendiri.:)

Selamat mencoba..:)
This entry was posted in

1 comment: